Judul : Pendidikan Karakter. Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.
Pengarang : Doni Koesoema A.
Penerbit : Grasindo, Jakarta, (Cetakan-1, 2007), Cetakan-3, 2015; 255 hlm.

Bagaimana mendidik siswa di tengah zaman yang cepat berubah dan semakin mengglobal seperti saat ini? Ini tentu menjadi tantangan bagi Bapak Ibu guru agar mampu mempersiapkan peserta didik memasuki tantangan global.

Buku ini telah menjadi bacaan wajib di beberapa universitas untuk membekali para mahasiswa dengan pemahaman dan pengertian tentang pendidikan karakter secara komprehensif. Bahkan, buku ini juga telah menjadi bahan kajian pemikiran untuk skripsi S2 oleh seorang mahasiswi di IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Sebelum banyak buku pendidikan karakter muncul sebagai sebuah tren, Doni Koesoema A telah menuliskan pemikiran komprehensifnya tentang pendidikan karakter. Di dalam buku inilah Anda dapat menemukan berbagai macam persoalan penting, mulai dari persoalan filosofis, pedagogis, didaktis, serta kontekstualisasinya bagi pendidikan di Indonesia.

Buku ini membahas berbagai macam pemahaman dan pengertian tentang pendidikan karakter yang ada dalam sejarah pendidikan. Pendekatan bersifat pedagogis bisa Anda baca dalam buku ini sehingga Anda memiliki gambaran lebih jelas tentang arti, makna, tujuan, dan bagaimana Anda mesti mendesain pendidikan karakter dalam lingkungan pendidikan.

Doni Koesoema mengulas dengan sistematis dan  mendalam berbagai macam pendekatan tentang pendidikan karakter. Dalam buku ini, Doni mengajukan pemahaman tentang pendidikan karakter sebagai sebuah pedagogi. Pedagogi pendidikan karakter ini menjadi orientasi bagi setiap pengembangan program pendidikan karakter di manapun.

Untuk membaca secara online sebagaian kutipan dalam buku ini, silakan klin link di sini BACAONLINE

Baca resensi Jeremias Jena atas buku dengan judul Pendidikan Karakter yang Membebaskan. Klik di sini.

One thought on “Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global

Leave a Reply

Your email address will not be published.