Jakarta, CNBC Indonesia – Selama masa pandemi virus Covid-19, pelajar maupun mahasiswa menemui kendala dalam tatap muka. Hal ini karena adanya larangan datang ke sekolah atau kampus secara langsung. Kondisi ini ini tentu bisa menyulitkan bagi proses pelajar bagi siswa kejuruan atau diploma karena dalam pembelajaran lebih banyak mempelajari bagian teknis secara langsung.

Pengamat Pendidikan Doni Koesoema menilai banyak langkah yang bisa dilakukan untuk tetap mendukung pembelajaran kejuruan maupun vokasi agar bisa berjalan, utamanya dengan memanfaatkan teknologi.

“Selama masa PJJ (Pendidikan Jarak Jauh), praktik harus gunakan resources yang ada di rumah, misal tata boga. Dia kan belajar tentang teori masak rawon. Misal anak-anak bikin rawon di rumah, diminta keluarga mencicip dan beri penilaian. Hal sederhana ini bisa jadi pembelajaran. Nggak perlu kan dia datang ke sekolah pakai dapur di sana,” sebut Doni kepada CNBC Indonesia, Senin (22/6).

Pilihan Redaksi Menteri Nadiem: Kuliah Dimulai Agustus 2020 Tapi Masih Online Program Vokasi: Mutiara Tersembunyi di Era New Normal

Inovasi seperti itu tidak akan menghambat proses pembelajaran. Sebaliknya, bisa mempermudah baik siswa dan guru. Selain juga memastikan keduanya aman dengan tidak keluar rumah. Doni menilai terlalu berisiko jika siswa harus ke sekolah, terutama mereka yang ada di zona merah.

“Kan bisa goreng sendiri saja, cukup foto. Kalau video nanti di-upload banyak kuota dihabiskan anak-anak. Cukup foto narasi seperti ini, anak diminta evaluasi sendiri. Modelnya gitu, gunakan sarana di rumah untuk mendukung proses pembelajaran,” sebut Doni.

Berbagai aspek bisa dipelajari, bukan hanya bagus tidaknya hasil kerja. Namun juga sisi-sisi lain yang menjadi pendukung.

“Misal safety keamanan dalam memasak, bisa nggak mereka lihat di dapur rumah mereka safety seperti apa. Dijelaskan oh ternyata rumah saya nggak ada pemadam kebakaran. Artinya anak belajar safety dan regulasi di dalam keamanan makanan,” sebut peneliti Badan Nasional Standar Profesi (BNSP) ini.

“Motor juga bisa sama. Ngecek motornya di rumah, apa yang dipelajari dari teorinya. Nggak perlu dia ke bengkel. Dibuat jarak jauh, tapi aman,” katanya.

Sumber: CNBC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *