line decor
I English I Parents I Teacher I Links I  
line decor
    
 
 
 
Lokakarya Seri CS4

Jurnalistic Writing Course for Students

 

I. LATAR BELAKANG

Jurnalisme telah menduduki posisi penting bagi perubahan tatanan dalam masyarakat. memberikan bekal keterampilan menulis pada para siswa, merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter yang akan mempersiapkan mereka menjadi warganegara yang bertanggungjawab, kritis dan peduli pada sesama. Kemampuan ini bisa ditumbuhkan sejak anak-anak menjalani masa pendidikan di sekolah.

II. TUJUAN LOKAKARYA

● Peserta mampu memahami arti jurnalisme dalam konteks pembentukan karakter (ranah kognitif).

● Peserta dapat melakukan pembuatan koran, majalah dinding, dan melakukan tugas-tugas jurnalistik.
 
● Peserta dapat mendesain koran atau majalah dinding dalam kelompok. (ranah psikomotorik).

III. MATERI

  1. Apa itu jurnalisme?.
  2. berbagai macam bentuk jurnalisme.
  3. Wartawan sekolah.
  4. Simpulan (Review)

IV. SASARAN PESERTA

Workshop ini ditujukan secara khusus untuk siswa dalam SATU UNIT lembaga pendidikan. Akan lebih baik kalau dalam jenjang pendidikan yang sama. Jumlah peserta maksimum 50 orang. Alokasi waktu tergantung kebutuhan sekolah. Minimal 4 Jam.

V. Referensi

VI. Speaker & Trainer

Doni Koesoema A. M.Ed. Lahir pada 1973 di Klaten Jawa Tengah. Menjalani pendidikan menengah di SMA Santo Vincentius a Paulo, Garum, Blitar, Jawa Timur (1989-1992). Gelar Sarjana Filsafat diperoleh di Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara, Jakarta (1998) dengan skripsi berjudul, “Keadilan dari Sudut Pandang Liberalisme Politis Menurut John Rawls.” Memperoleh gelar baccalaureato (setaraf sarjana strata-1) dari Universitas Gregoriana, Roma, Italia (2002-2005). Mengikuti Kursus Pedagogi Sekolah dan Pengembangan Profesional pada facoltâ della Scienza dell’Educazione (fakultas Ilmu Pendidikan) di Universitas Salesian, Roma, Italia (2005-2006). Memperoleh gelar Master Pendidikan pada

Jurusan Kurikulum dan Pengajaran (Curriculum and Instruction) di Boston College Lynch School of Education, Boston, MA, US (2008). Pernah menjadi guru, formator, staf pendidik dan direktur sekolah.

Mendalami secara khusus tentang pengembangan kurikulum dan profesionalisme guru. ia mengembangkan Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh yang telah diselaraskan dengan konteks keindonesiaan. Ia mengembangkan dasar-dasar filsafat dan pedagogi bagi pendidikan karakter dalam konteks keindonesiaan. Penulis artikel pendidikan di harian nasional KOMPAS, Media Indonesia, dan Majalah Kebudayaan BASIS.

Publikasi

Penulis buku Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Grasindo, 2007 (Cetakan ketiga, September 2011), dan Pendidik Karakter di Zaman Keblinger, Mengembangkan Visi Guru sebagai Pelaku Perubahan dan Pendidik Karakter, Jakarta, Grasindo, 2009.(Cetakan kedua 2011). Mengkritisi Kebijakan Pendidikan Nasional, Agora Education, 2011.(Edisi E-Book)

Penghargaan

Memperoleh penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional sebagai Penulis artikel yang produktif tentang pendidikan di media cetak dalam rangka Apresiasi Penulis Artikel Peduli Pendidikan 2008-2009. Memperoleh penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional dalam rangka apresiasi penulis artikel pendidikan 2011, di mana artikelnya berjudul Kucing Hitam Pendidikan Karakter menjadi juara 3 dalam ajang tersebut.

Lihat karya lengkap Doni Koesoema A

VII. Contact Person

Ms. Evy Anggraeny

Hp. 08777 1975 803 atau Hp. 0821 6632 3864

email:

pendidikankarakter@gmail.com atau info@pendidikankarakter.org

Doni Koesoema A sebagai pembawa obor pendidikan karakter mengembangkan pendidikan karakter utuh dan menyeluruh melalui 12 Pilar keutamaan.
Contact Us
Ms. Evy Anggraeny
Hp. 0821-6632-3864
Hp. 08-777-1975-803
info@pendidikankarakter.org
pendidikankarakter@gmail.com

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

 
Copyright © www.pendidikankarakter.org 2011 I Terms of Services I F.A.Q I About Us I Contact Us I Services I Advertising I