studentspedia

Studentspedia merupakan ringkasan pemahaman, pengertian, atau istilah yang terdapat dalam materi pembelajaran Biologi yang menjadi informasi dasar agar membantu pembelajaran siswa. Studentspedia ditulis untuk siswa dan oleh siswa. Prosesnya: siswa memilih istilah yang akan dibuat studentspedia, mengirimkannya kepada Ms. Evy, lalu akan ditinjau, apakah sudah lengkap atau belum, setelah lengkap, maka akan ditayangkan di Bioscience Online Learning.

Cara menulis Studentspedia (How to Write)

Studentspedia merupakan sebuah ringkasan pemahaman, pengertian tentang sebuah istilah atau terminologi dalam pelajaran Biologi sehingga memberikan informasi sekilas secara mendasar dan penting bagi pembaca. Setiap istilah yang dimuat di dalam studentpedia harus memiliki penjelasan tentang asal kata (etimologi), sejarah tentang tema yang dibahas, pemahaman, pengertian pokok tentang tema. Selain itu, istilah dalam studentpedia juga mesti memberikan informasi aktual tentang relevansi, kasus-kasus terbaru atau riset terbaru tentang persoalan atau penemuan baru tentang tema yang dibahas. Istilah juga bisa diperkaya dengan apa makna dan arti pemahaman itu bagi kehidupan manusia. Jadi secara ringkas, tema dalam studentspedia harus mengandung unsur pemahaman, pengertian, sejarah, pokok persoalan, relevansi, serta aktualitas bagi pembaca di zaman sekarang.

Teknik Pengiriman Via Email

1. File attachment untuk studentspedia diberi identitas judul materi, nama siswa, kelas dan no. absen. Contoh: Sitokinin-Nathania-XII IPA -17

2. Di dalam dokumen words file, judul materi, identitas siswa, kelas dan nomor absen tetap dicantumkan.

3. Jangan menuliskan judul materi, identitas siswa, dll, pada Body Email.

Contoh item studentspedia.

  • Model Ketepatan Induksi

    Model ketepatan induksi (Induced Fit Theory) merupakan teori yang menyatakan bahwa enzim mempunyai bagian aktif yang mudah untuk menyesuaikan diri dengan bentuk substratnya. Dengan kata lain, terdapat bagian aktif pada enzim yang bersifat fleksibel. Pada saat substrat bertemu dengan enzim, maka bagian aktif enzim menyesuaikan diri dengan substrat sehingga kompleks enzim substrat terbentuk. Setelah terjadi reaksi dan produk telah terbentuk, enzim akan lepas. Pada saat ini dapat terjadi pula substrat lain bergabung dengan enzim.

    Model ketepatan induksi sendiri dikemukakan pertama kali oleh Daniel Koshland pada tahun 1958 dan merupakan hasil modifikasi model kunci dan gembok yang telah ada sebelumnya. Pada beberapa kasus, misalnya glikosidase, molekul substrat juga berubah sedikit ketika substrat tersebut memasuki bagian enzim yang aktif. Bagian yang aktif akan terus berubah bentuknya sampai substrat terikat sempurna sehingga bentuk akhir enzim terbentuk. Teori model ketepatan induksi dianggap sebagai teori yang paling sesuai untuk mendeskripsikan pembentukan enzim di zaman sekarang.

    Saat ini, model ketepatan induksi telah memberi penjelasan bagi dunia pendidikan dan masalah ilmiah akan kinerja enzim dalam memproses substratnya bahwa enzim bekerja secara fleksibel, sehingga bentuk dari substrat tidak berpengaruh besar. Para peneliti juga dapat mensintetis enzim dan menggunakannya untuk berbagai keperluan lain karena sifat enzim yang fleksibel dalam mencerna substratnya. (Ryan Winata XII IPA 1/21)

  • Updated: 06 January 2014