studentspedia 2014-2015

Webbed Toes

Dalam bahasa Indonesia, webbed berarti berselaput sedangkan toes berarti jari kaki. Jadi dapat diartikan bahwa webbed toes adalah jari kaki berselaput. Dalam bahasa kedokteran disebut sindaktili yang juga berarti selaput.

Webbed toes adalah suatu penyakit pada jari kaki manusia yaitu adanya selaput seperti selaput renang pada bebek atau katak.

Dalam dunia kedokteran dan berdasarkan penelitian yang sudah ada, penyakit ini disebut sebagai sebuah kelainan namun tidak membahayakan. Faktor penyebab yang menimbulkan penyakit ini adalah kelainan yang terpaut pada kromosom Y dalam diri manusia, jadi penyakit ini merupakan penyakit turunan. Karena penyakit ini terpaut kromosom Y, maka penderitanya adalah kaum laki-laki. Pria yang terkena penyakit ini akan mewariskannya kepada anak lelakinya kelak.

Penyakit ini tidak bisa dicegah, namun dapat diatasi dengan cara operasi agar selaput tersebut dihilangkan dan jari-jari kaki tidak menempel dan berpisah seperti jari kaki manusia pada umumnya. Namun karena penyakit ini tidak berbahaya dan tidak mengganggu, biasanya penderita tidak melakukan operasi dan membiarkan saja. Lagipula, tidak menutup kemungkinan bahwa setelah operasi, selaput tersebut dapat tumbuh kembali.

Salah satu kasus webbed toes terjadi pada seorang aktor film Ghost Buster yang juga merupakan seorang komedian dan musisi yaitu Dan Aykord asal Kanada. Kasus Aykord ini terungkap dalam film Mr. Mike’s Mondo Video dan film pendek di Saturday Night Live yang berjudul “Don't Look Back In Anger" (Michaela Bernice, XII IPA 1 – 16)