studentspedia 2014-2015

Marchantia

Marchantia tergolong genus.
Kingdom : Plantae
Divisi      :  Marchantiopyta
Klas        :  Marcantiopsida
Family    :  Marchantiaceae
Genus    :  Marcantia
Marchantia biasa tumbuh di tanah yang lembab, berlumpur, dan terutama di area setelah kebakaran. Marchantia tersusun dari talus dorsiventral (tanaman yang memiliki permukaan atas dan bawah yang berbeda secara morfologi), berwarna hijau, kecil dan pipih, bercabang, dan dikotomi.
Marchantia bereproduksi secara vegetatif dan generatif. Reproduksi secara vegetatif melalui proses fragmentasi, Gemmae merupakan alat reproduksi aseksual Marchantia. Reproduksi vegetative terjadi pada musim pertumbuhan, yaitu ketika kelembaban cukup tinggi, siang hari lebih lama dari malam hari, dan kandungan nitrogen pada tanah rendah. Reproduksi generatif Marchantia melibatkan dua jenis tumbuhan, jantan yang terdapat anteridium dan betina yang terdapat arkegonium. Anteridium dan arkegonium tumbuh pada ujung gametangiofor, tepatnya pada daerah reseptakel.

Marchantia dapat digunakan sebagai obat alternatif antikanker, obat luka, mengobati penyakit hepar, penawar racun, dan mematikan telur nyamuk demam berdarah. (Roslynlia / X MIA 1 / 20)