studentspedia 2014-2015

Manchineel

Pohon Manchineel atau Hippomane mancinella disebut sebagai pohon paling mematikan di dunia menurut Guinness World Records. Pohon ini dapat ditemukan di Floridia, Karibia, dan Bahama.

Jika dilihat sekilas, pohon ini tampak seperti pohon apel biasa. Tetapi sebenarnya pohon ini sangatlah berbahaya. Jika terkena kontak dengan kulit, getah pohon ini dapat menyebabkan kulit melepuh, bengak atau luka bakar, dan jika terkena mata dapat membuat iritasi tinggi hingga kebutaan. Jangan sekali-kali berteduh dibawah pohon ini ketika hujan, karena bahkan setetes air hujan yang mengenai pohon ini kemudian mengenai kulit dapat membuat kulit melepuh.

Buah pohon ini merupakan bagian yang paling berbahaya, Christopher Columbus menyebutnya “Little Apple of Death” atau “Apel Kecil Kematian” karena satu gigitan kecil saja dapat mengakibatkan berbagai macam efek, dari rasa terbakar pada tenggorokan hingga kematian. Jika pohon ini dibakar, asapnya dapat menyebabkan buta seketika, bahkan dalam radius 9 meter.

Alasan pohon ini belum ditebang adalah karena pohon ini memberikan penahan angin alami yang sangat baik dan akarnya menstabilkan pasir, sehingga membantu mencegah erosi pantai.

(Margareth Milenia, X MIA 2/20)