studentspedia 2014-2015

Kuskus

Kuskus merupakan salah satu mamalia berkantung yang terdapat di Indonesia. Kuskus adalah anggota family Phalangeridae. Famili Phalangeridae dari ordo marsupialia terdiri lebih dari 17 spesies yang sebagian besar tergolong hewan omnivora (pemakan segala) dan herbivora (pemakan tanaman). Seperti kanguru, kuskus betina melahirkan anaknya kemudian merawat dan membawa anaknya dalam kantung yang terdapat di perutnya.

Warna dasar tubuh bagian atas adalah hitam pucat dengan rambut bagian punggung berwarna coklat kehitaman, beberapa rambut bagian tubuh lain berwarna kuning kecoklatan atau lebih pucat. Ciri utama kuskus selain kantong yang terdapat di perutnya adalah bentuk muka yang bundar dengan daun telinga yang kecil, serta bulu yang lebat. Panjang ekornya hamper sama dengan panjang tubuhnya, tubuhnya 56 cm dan ekornya 54 cm serta beratnya dapat mencapai 8 kg. Penyebaran kuskus di Indonesia hanya terbatas di wilayah Indonesia Timur yaitu meliputi Pulau Sulawesi, Maluku, Papua, dan Timor.

Kuskus ini dilindungi oleh Undang-Undang. Maraknya perdagangan dan penyelundupan satwa liar berdampak pada kuskus, sehingga semakin terancam punah.

(Rizal Adisaputra, X MIA 2/22)