studentspedia 2014-2015

Keratitis

Keratitis merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan peradangan pada epitel kornea sehingga menimbulkan ulkus atau luka yang berbentuk selaput putih pada kornea yang dapat terlihat jelas pada mata.  Penyebab dari keratitis ini sendiri adalah infeksi pada mata akibat bakteri, jamur, virus, protozoa ataupun bekas tergores benda asing atau lensa kontak dan juga seseorang yang terkena penyakit yang menyerang seluruh tubuh seperti diabetes melitus serta HIV AIDS.

Gejala umum pada penyakit keratitis adalah mata merah terutama dekat dengan kornea mata, bisa tiba-tiba mata perih serta mengeluarkan cairan dan selaput putih pada mata, penurunan daya penglihatan sehingga seseorang yang terkena hanya bisa melihat sekitar 40% dari yang biasanya, serta mengalami fotofobia yaitu suatu fobia terhadap cahaya sehingga membuat penderita kesulitan dalam melihat.

Pengobatan pada penyakit keratitis ini biasanya diberi obat antibiotik atas anjuran dokter seperti Flumetholon 0.1, Levocin, obat anti jamur, obat anti virus serta berbagai macam obat lainnya. Pencegahan pada penyakit ini bisa dengan mengurangi penggunaan obat yang bersifat racun pada kornea dengan lebih menggunakan obat dokter, apabila menggunakan lensa kontak disarankan membeli dengan tenggang waktu pemakaian perminggu atau perhari, berhenti untuk merokok, dan menjaga kebersihan mata serta bagian tubuh lainnya.

Akibat dari penyakit keratitis adalah mata mengalami penurunan daya melihat secara drastis serta apabila tidak diobati dalam jangka waktu yang lama maka akan rentan menderita glaukoma, katarak bahkan kebutaan.
( Natasia XII  IPA 2 - 19 )