studentspedia 2014-2015

Hygiene

Hygiene merupakan salah satu cabang ilmu Biology yang mempelajari pengelolaan kesehatan individu,yaitu manusia.Pengertian secara umumnya adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk mempertahankan kesehatan jasmani, rohani dan sosial manusia dalam mencapai tingkat kesejahteraan hidup yang lebih baik.

Kata “hygiene” berasal dari bahasa Yunani yang artinya ilmu untuk membentuk dan menjaga kesehatan (Streeth, J.A. and Southgate,H.A, 1986). Dalam sejarah Yunani, Hygiene berasal dari nama seorang Dewi yaitu Hygea (Dewi pencegah penyakit).

Pada tanggal 3 April 2013 telah didapatkan informasi mengenai kanker hati dari hasil penelitian Dr. Shu di Taiwan,bahwa penyebab utama kerusakan hati adalah tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang.Pada umumnya orang beranggapan bahwa bila hasil index pemeriksaan fungsi hati menunjukkan angka normal berarti tidak ada masalah dengan hati,tetapi pandangan itu salah dan akan mengakibatkan hilangnya kesempatan mendeteksi kanker sejak stadium awal,sehingga penyakitnya semakin memperburuk kesehatan.
Beberapa manfaat mempelajari Hygiene adalah sebagai ilmu dasar bagi ilmu pengetahuan lain dan mengetahui berbagai jenis penyakit serta upaya dan pencegahannya.Makna pemahaman Hygiene bagi kehidupan manusia adalah cara manusia mempertahankan kehidupannya yang artinya meningkatkan kesejahteraan hidup manusia dalam kesehatan seperti peribahasa Men sana in corpore sano atau didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Maksudnya jika jiwa seseorang sehat, maka tubuhnya akan sehat juga,begitu juga dengan sebaliknya.

(Peter Ernest Mulyo-X IPA 2-20)