studentspedia 2014-2015

Caribou

Caribou (Rangifer tarandus)atau rusa kutub, adalah hewan yang dapat ditemukan di lingkaran Arktik. Spesies yang ditemukan di daerah Eurasia dinamakan rusa kutub sedangkan yang ditemukan di Amerika Utara dinamakan Caribou. Mereka dikenal dengan tanduk mereka yang besar dan bercabang.
Istilah caribou pertama kali dikemukakan oleh Gmelin pada tahun 1788. Caribou berasal dari bahasa orang Eskimo “qalibu” yang berarti “yang mencakar.” Caribou memiliki ukuran yang beragam. Caribou betina dapat tumbuh sampai 205 cm dan beratnya mencapai 120 kg sementara yang jantan berukuran 214 cm dan seberat 182 kg. Baik caribou jantan maupun  betina dapat menumbuhkan tanduk. Tanduknya dapat mencapai lebar 100 cm dan tumbuh sepanjang 135 cm. Caribou memakan lumut kerak serta dedaunan dan rumput.
Caribou sudah lama dimanfaatkan oleh orang-orang yang tinggal di lingkaran Arktik. Dagingnya dapat dimakan dan populer di negara Skandinavia. Dagingnya dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, misalnya dikalengkan, ditumis, bahkan dijadikan sosis. Tanduknya ditumbuk dan dijadikan obat herbal di negara-negara Asia.
Sayangnya, populasi caribou semakin menurun. Hal ini dikarenakan mencarinya es di lingkaran Arktik sehingga habitatnya menghilang. Penelitian menunjukkan bahwa populasi caribou di seluruh dunia menurun dari 5,6 juta menjadi 3,8 juta sejak tahun 2000 hingga 2014.
(Michael A., X MIA 1 / 16)