studentspedia 2014-2015

Botani

Botani adalah salah satu cabang dari ilmu Biologi ,yang dikhususkan mempelajari tumbuh-tumbuhan termasuk Jamur dan alga. Istilah botani berasal dari Bahasa Yunani Kuno, βοτάνη (botane), yang berarti rerumpun atau padang pengembalaan.Di botani seseorang akan mempelajari tentang perkebangan,pembagian, ,genetika,reproduksi,metabolisme,pembagian kingdom ,interaksi ,perspektif yang berbeda (Dari tingkat molekul, genetika dan biokimia melalui organel, sel, jaringan, organ, individu, populasi tumbuhan, dan komunitas tumbuhan) dan segala hal lainya yang berhubungan dengan tumbuh-tumbuhan.Orang-orang yang menekuni ilmu botani biasanya disebut Botanis,Botaniwan atau pun ahli botani.

Botani merupakan ilmu yang berakar dari herbalisme.Herbalisme merupakan suatu ilmu yang mempelajari kasiat-kasiat dan manfaat dari timbuh-tumbukan.Dari dulu sudah banyak catatan kuno yang berhungan dengan botani atau pun herbalisme juga mengklasifikasikan tumbuhan berdasarkan jenis dan manfaatnya.Sedangkan untuk Botani modern di mulai dengan adanya kebudayaan di Yunani Kuno, terutama Theoprastus (sekirat 371–287 SM),Lalu seorang murid dari Aristotelles yang dikenal sebagai "Father of Botany" atau orang yang menemukan prinsip ilmu botani membuat beberapa karya tulisnya yaitu Enquiry into Plants dan On the Causes of Plants.Kedua karya tulisnya ini menjadi kontribusi utama bagi ilmu botani hingga Abad Pertengahan, hampir 17 abad setelah karya tulisnya itu ditulis. Pada tahun 1665, dengan menggunakan mikroskop pertama yang ada ,Robert Hooke menemukan sel, sebuah istilah yang menunjuk kepada struktur gabus yang ia lihat di bawah mikroskop. Tak lama setelah itu, ia melihat dan menyimpulkan bahwa jaringan tumbuhan merupakan mahluk hidup.Hingga kini botani mempelajari sekitar 400000 spesies organisme tumbuhan.

Botani juga di bagi lagi menjadi banyak cabang .3contoh cabang botani antara lain:

  • Biokimia tumbuhan adalah sebuah studi mengenai proses kimia yang yang digunakan pada tumbuhan

  • Etnobotani adalah cabang ilmu botani yang mempelajari tentang hubungan antara tanaman dan manusia.

  • Fitokimia adalah cabang dalam ilmu botani yang mempelajari senyawa biokimia pada tumbuhan dan pemanfaatannya.

  • Mengapa botani atau ilmu yang mempelajari tumbuhan penting? Itu karena tumbuhan merupakan bagian yang mendasar dari segala kehidupan di Bumi,Karena tumbuhan menghasilkan oksigen dari fotosintesis, makanan, serat, bahan bakar, dan obat-obatan yang memungkinkan seluruh kehidupan lainnya di Bumi ada

 

(Benedick Asdyo Lidjaja, X-MIA-2/4)