studentspedia 2014-2015

Arkea

Archaea atau arkea atau juga dapat disebut arkeobakteri, merupakan satu divisi organisme hidup yang utama. Archaea tidak memiliki inti sel sama seperti bakteri.  Biasanya arkhea berada di tempat yang kotor. Arkhea ditemukan pada tahun 1977 oleh Carl Woese dan George Fox berdasarkan pemisahan dari prokariot yang lain dalam pohon filogentik rRNA 16S. Ada 2 jenis arkea:

  1. Metanogen  adalah golongan arkea yang hidup di lingkungan yang mengandung metana. Arkea metanogen bersifat anaerob, mesofilik, dan biasanya ditumbuhkan pada garam mineral.

  2. Halofil ekstrem adalah golongan yang hidup pada air laut berkadar garam tinggi

  3. Termofil ekstrem adalak golongan yang hidup pada perairan bersuhu tinggi

Arkea adalah organisme tertua yang hidup di bumi. Arkaea sesungguhnya tidak menguntungkan bagi kehidupan manusia. Penelitian pada 5 April 2014 menemukan Archaea Methanorsacina adalah pelaku kiamat Permian. Kiamat Permian terjadi pada 300-252 juta tahun yang lalu.

(Rafael, X MIA 1/18)

Asal kata Arkhaea, Arkhaea berasal dari bahasa Yunani, yaitu Archaio yang berarti kuno. Arkea ditemukan pada tahun 1977oleh Carl Woese dan George Fox berdasarkan pemisahan dari prokariot yang lain dalam pohon filogentik rRNA 16S. Kebanyakan arkea hidup di lingkungan yang ekstrem dan menyerupai habitat purba pada sejarah evolusi Bumi sehingga banyak anggotanya yang sudah punah dan menjadi fosil. Arkhaea dapat hiudp di sumber air panas, kawah, gambut, rawa-rawa, sedimen laut, dan danau garam. Arkhaea dibagi menjadi 3 kelompok , yaitu mentanogen, halofil ekstrem, dan termofil ekstrem.

Metanogen adalah golongan arkea yang hidup di lingkungan yang mengandung metana.  Contohnya Methanosarcina dan Methanophyrus candlery.
Halofil ekstrem adalah arkea yang tahan pada kondisi kadar air sangat rendah atau kadar garam tinggi. Contohnya bakteri rhodopsin
 Termofil hidup pada kisaran suhu 40-70 °C, contoh arkea jenis ini adalah Thermus thermophilus, Thermoanaerobacter ethanolicus, dan Bacillus thermoproteolyticus. 

(Sandy Yehezkiel I, X MIA 2/24)