parks as our own garden

Di Indonesia ini ada satu pemimpin perempuan yang sangat hebat. Dia adalah Ibu Risma, walikota Surabaya. Bu Risma merupakan kandidat walikota terbaik sedunia, yang masuk bersama dengan Bapak Jokowidodo. Kepempimpinannya sangat tegas. Ia dengan sangat berani menutup kompleks lokalisasi Dolly di Surabaya. Meskipun banyak ditentang, ia berprinsip, "profesi seperti itu kurang bermartabat. Para perempuan mesti didukung agar menemukan kemartabatannya sebagai manusia," ujarnya.

Bu Risma bukan saja berani bagaikan pahlawan, sebagaimana julukan kota yang ia pimpin. Ia ternyata adalah juga seorang seniman pecinta lingkungan. Ia pernah menjadi pengurus dinas pertamanan kota, dan setelah itu posisinya melejit menjadi walikot. Mengapa? Karena ia telah mampu mengubah pertamanan kota Surabaya yang semrawut menjadi indah bagi warga kota. Bahkan, sebuah taman di Surabaya, yaitu Taman Bungkul memperoleh penghargaan sebagai taman kota terindah di dunia. Prestasi ini jelas bukan pekerjaan main-main. Cinta lingkungan, cinta alam adalah bagian dari tanggungjawab sebagai warga negara, dan pemimpin.

Berjumpa dengan Ibu Risma, dalam sebuah kesempatan ketika menghadiri Millenium Developments Goals Award 2013 di Jakarta jelas merupakan pertemuan bersejarah yang membantu saya semakin mantap menjadi guru biologi. You are my inspirations and inspirations of our students..bu Risma...