Workshop for TeacherStop Bullying, Create Safe School Tindak perundungan (bullying) dan kekerasan (violence) yang terjadi dalam lingkungan pendidikan sudah sangat mengkhawatirkan. Kekerasan konvensional (fisik), maupun kekerasan modern (psikologis, sosial, budaya, saiber/maya), telah menggerus dinamika pendidikan di sekolah kita, seperti tawuran, narkoba, cyber bullying, dll. Dampak-dampak perundungan (bullying) memengaruhi sukses dan pengembangan prestasi siswa di mas sekarang dan yang akan datang. Banyak guru mengetahui peristiwa perundungan, namun seringkali mereka tidak tahu bagaimana mengatasinya, serta tidak memiliki keterampilan untuk menghadapinya. Memiliki pengetahuan tentang perundungan, dampak-dampak, serta cara pencegahan secara utuh dan menyeluruh untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan ramah merupakan sebuah kemendesakan bagi pendidik. Untuk itu, Pendidikan Karakter Education Consulting, di bawah bimbingan Bapak Doni Koesoema A, pengembang pendidikan karakter utuh dan menyeluruh, mendesain lokakarya pendidikan untuk guru dan pemimpin sekolah dengan tema :”Stop Bullying, Create Safe School”.

ServiceImgManfaat lokakarya Lokakarya akan memberikan manfaat bagi guru dan pendidik untuk memahami persoalan perundungan secara lebih utuh dan menyeluruh. Lokakarya ini merupakan bagian dari pengembangan satu dari 12 Pilar pendidikan karakter utuh dan menyeluruh, yaitu penghargaan terhadap tubuh.

  • Guru Mampu Mendesain Program. Masing-masing peserta akan dilatih mendesain program anti-bullying dalam konteks pengajaran dan pengembangan kultur sekolah.
  • Metode Aktif - Pertisipatif. SPelatihan dedesain secara aktif dan partisipatif yang membawa peserta pada pemahaman dan praksis langsung bagaimana mengelola dan menyelesaikan persoalan perundungan di sekolah melalui studi kasus.

I. Tujuan Lokakarya:
Setelah lokakarya, para peserta diharapkan dapat:

1. Memahami apa itu perundungan (bullying) beserta kompleksitas persoalannya
2. Mengetahui bentuk-bentuk perilaku perundungan konvensional dan modern (psikologis, cyber, gender, cultural, dll)
3. Memahami dampak-dampak perundungan
4. Memahami model ekologis fenomena perundungan di sekolah
5. Memahami pendekatan relasional dalam rangka meredusir dan mencegah perundungan serta
6. Mendesain program individual dan komunal yang mendukung gerakan Stop Bullying, Create Safe School, di lingkungan sekolah.

II. Sasaran peserta:
Ketua Yayasan, Direktur, Staf, Kepala Sekolah dan Guru.

III. Pelatih guru : Bapak Doni Koesoema A, M.Ed dan Tim

IV. Waktu Pelatihan: 3 Jam.

V. Bentuk Pelatihan:
Tim Pendidikan Karakter Education Consulting akan datang ke unit-unit sekolah untuk menjadi fasilitator dan pemateri.
Akomodasi : tempat pelatihan dan konsumsi peserta ditanggung pihak sekolah.
Jumlah peserta per lokakarya dibatasi antara 30-50. Minimal jumlah peserta adalah 30.

VI. Contact Person
Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan jadwal lokakarya, silakan kontak:
Ms. Evy Anggraeny
No.Hp. 087788332501
Email: pendidikankarakter@gmail.com