Lokakarya (Seri 1)Shared Vision : Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh Pendidikan karakter perlu dipahami secara utuh dan menyeluruh, yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dunia pendidikan. Sayangnya, pendidikan karakter seringkali dipahami secara parsial, kurang utuh dan tidak lengkap. Ini terjadi karena di dalam lembaga pendidikan terdapat berbagai macam individu yang memiliki pemahaman, keprihatinan, dan praksis mendidik yang berbeda. Lembaga pendidikan merupakan kumpulan individu yang memiliki inspirasi dan persepsi sendiri tentang kinerja mereka dalam dunia pendidikan, termasuk pemahaman mereka tentang Pendidikan Karakter. Membangun visi bersama adalah langkah awal yang mesti dilakukan. Mengelola dan menyelaraskan visi sekolah dengan visi individu tentang pendidikan karakter tak pelak lagi  merupakan salah satu elemen penting bagi kesuksesan sebuah lembaga pendidikan yang ingin membentuk pribadi berkarakter, dewasa dan bertanggungjawab.

APA KEUNTUNGAN MENGIKUTI LOKAKARYA INI? ServiceImg

  • Pembentukan Visi Bersama. Akan terbentuk visi bersama di antara seluruh anggota komunitas sekolah, sehingga program pendidikan karakter akan didukung melalui komitmen seluruh anggota sekolah.
  • Mampu Mendesain Program. Masing-masing peserta akan dilatih mendesain program pendidikan karakter sesuai dengan cakupan bidang tugasnya.
  • Evaluasi Praksis Pendidikan Karakter. Sekolah Anda tidak berangkat dari nol. Peserta akan semakin memiliki kesadaran tentang visi pendidikan karakter dalam setiap program yang telah ada, bahkan akan meningkatkan kualitas desain program pendidikan karakter di masa depan dengan paradigma bari.

APA TUJUAN LOKAKARYA INI?

● Peserta mampu mengenali dan memahami konsepsi dirinya sendiri tentang Pendidikan Karakter, serta memahami arti dan tujuan pendidikan karakter dalam konteks kelembagaan (ranah kognitif dan refleksif).

● Peserta berlatih membentuk komunitas belajar profesional (Profesional learning community) melalui kegiatan berbagi dan berdiskusi pemahaman tentang pendidikan karakter (ranah komunikatif).

● Tumbuhnya kesadaran dari tiap individu yang bekerja dalam lembaga pendidikan yang memungkinkan sekolah memulai program-program Pendidikan Karakter secara lebih sinergis, utuh dan menyeluruh.

APA YANG DIPELAJARI?

● Membangun visi bersama Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh.

● Evaluasi Praksis pendidikan karakter melalui tiga matra dan tiga basis desain pendidikan karakter.

● Menuju sekolah berkarakter, desain program pendidikan karakter berdasarkan prioritas basis pengembangan program.

SIAPA SASARANNYA?

Workshop ini ditujukan terutama untuk para pengurus yayasan, kepala sekolah, direktur sekolah,  guru serta tenaga non-kependidikan yang berada dalam SATU UNIT lembaga pendidikan. Akan lebih baik kalau dalam jenjang pendidikan yang sama. Jumlah peserta maksimum 50 orang.

INFO LEBIH LANJUT, SEGERA HUBUNGI KAMI:

Ms. Evy Anggraeny (08 77 88 33 2501)