Lokakarya & Seminar Pendidikan Karakter

Kami memberikan konsultasi pendidikan dan pelatihan pendidikan karakter (lokakarya dan seminar). Layanan kami mengarah pada school personnell capacity building dan institution capacity building. Kami mengembangkan pendekatan Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh, yang mengembangkan tiga basis pendidikan karakter utuh dan menyeluruh, yaitu pendidikan karakter berbasis kelas, kultur sekolah dan komunitas, di mana 12 Pilar Keutamaan menjadi dasar bagi seluruh kerangka pengembangan pendidikan karakter utuh dan menyeluruh, yang dikembangkan oleh Bapak Doni Koesoema A, penulis, pemerhati pendidikan, dan pengembang pendidikan karakter utuh dan menyeluruh dalam konteks keindonesiaan. Adapun tema-tema pelatihan pendidikan karakter adalah sebagai berikut:

ServiceImg
  • Shared Vision : Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Mengembangkan visi bersama tentang pendidikan karakter merupakan langkah awal pengembangan program pendidikan karakter yang efektif. Read more.
  • Desain Pendidikan Karakter Berbasis Kelas. Para guru perlu memiliki keterampilang mendesain pendidikan karakter berbasis kelas selaras dengan jiwa dan semangat Kurikulum 2013. Read more.
  • Desain Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah. Pendidikan karakter bukan urusan individu per individu di dalam sekolah, melainkan urusan bersama. Karena itu, perlu ada norma, aturan, dan pembiasaan yang ada di lingkungan sekolah agar terbentuk budaya pendidikan karakter. Bagaimana memulainya? Read more.
  • Desain Pendidikan Karakter Berbasis Komunitas. Pendidikan karakter bukan hanya tanggungjawab sekolah, melainkan juga merupakan tanggungjawab negara dan masyarakat. Strategi membangun kerjasama dan jaringan dengan lembaga-lembaga di luar dunia pendidikan dibahas di sini. Sekolah mampu mendesain pendidikan karakter berbasis komunitas. Read more.
  • Delapan Langkah Pendidikan Karakter Efektif. Pendidikan karakter, bila ingin efektif harus dilaksanakan secara serentak dan sinergis. Namun demikian, ada delapan langkah penting yang dapat dipakai oleh sekolah agar pendidikan karakter berhasil guna dan efektif. Read more.
  • Evaluasi dan Dokumentasi Pendidikan Karakter. Pendidikan karakter tidak dapat dinilai bila tidak ada evaluasi dan dokumentasi atas kegiatan tersebut. Evaluasi dan penilaian pendidikan karakter sangatlah penting. Lokakarya ini memberikan, strategi dan metode penilaian, dan pengembangan personnel sekolah dalam rangka penilaian pendidikan karakter secara utuh dan menyeluruh. Read more.
  • Membuat Panduan Pedoman Pendidikan Karakter di Sekolah/Perguruan Tinggi. Setiap sekolah mestinya mendesain buku pedoman pendidikan karakter secara tersendiri, sebab semangat, visi dan misi masing-masing sekolah berbeda. Karena itu, kami mendampingi tim pengembangan pendidikan karakter di sekolah agar dapat membuat buku pedoman pendidikan karakter secara efektif. Read More.