Lokakarya Kepala Sekolah Yayasan Salib Suci Bandung Mengembangkan Visi Pemimpin Sekolah sebagai Pelaku Perubahan dan Pendidik Karakter

Bandung, 28 - 30 Januari 2013

Para kepala sekolah yang berada di lingkungan Yayasan Salib Suci Bandung, mengadakan lokakarya Pendidikan Karakter untuk para kepala sekolah di Wisma Pratista, Bandung, 28-30 Januari 2013 di bawah bimbingan Tim Pendidikan Karakter Education Consulting.

Di bawah bimbingan Bpk. Doni Koesoema A. sekitar 70-an kepala sekolah, mulai dari unit sekolah dasar sampai dengan SMA yang tersebar di seluruh Jawa Barat, mengikuti pelatihan kepemimpinan sekolah sebagai pelaku perubahan dengan penuh antusias. Tema utama yang dibahas dalam pelatihan ini adalah mengembangkan visi kepala sekolah sebagai pelaku perubahan dan pendidik karakter. Apa saja keterampilan yang mereka latih?

Acara yang diadakan selama tiga hari tersebut memberikan berbagai macam tantangan dan peneguhan bagi para kepala sekolah dalam rangka mengembangkan unsur kepemimpinan mereka sebagai pemimpin pendidikan yang memiliki karakter kuat sebagai pendidik.

Acara yang berlangsung selama 3 hari itu membahas tema-tema sebagai berikut:

1. Memahami Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh

2. Mengenali visiku sebagai pemimpin sekolah

3. Mengenal 4 Visi Pendidikan

4. Mengenal Karakter Pemimpin Sekolah Yang Baik

5. Studi Kasus Melatih Kepakaan Moral

6. Membuka Cakrawala Moral - Pendekatan Moral dalam Menyelesaikan persoalan dalam dunia pendidikan.

7. Rationale Desain Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh

8. Mendesain Pendidikan Karakter Berbasis Kelas.

9. Mendesain Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah (B. Evy Anggraeny Dhewi).

10. Mendesain Pendidikan Karakter Berbasis Komunitas.(B. Evy Anggraeny Dhewi)

Selama tiga hari para peserta memperoleh pembekalan yang baik tentang pendidikan karakter utuh dan menyeluruh. "Pendidikan Karakter pada hakikatnya adalah kerja team, dan team memiliki tanggungjawab sesuai dengan bidang tugasnya dalam rangka melayani kebutuhan siswa," ujar Doni.